Senin, 06 Oktober 2008

Mungkin sudah pada pernah nyoba dynamips untuk nge-load IOS Cisco 7200 atau 3600-an ya ?
Untuk simulasi network berbasis router/switch Cisco dynamips ini sungguh pilihan yang bagus. Karena kita bisa menggunakan IOS Cisco beneran yang artinya kita bisa mencoba CLI IOS yang sebenarnya. Bukan sekedar simulator seperti Boson Netsim.
Kebetulan Dynamips inilah yang juga sedang saya pakai untuk mengajar training basic IP network (pesertanya dari Chevron dan Medco) 3 hari ini di Hotel Jayakarta Bandung. Lumayan, ga usah nenteng2 Cisco router lab.
Yang kucoba adalah Dynamips dengan komunikasi ke real network, artinya IOS Cisco yang berjalan di PC benar2 digunakan untuk berkomunikasi di jaringan. 3 PC disulap menjadi 3 network dengan Router Cisco 7200 masing-masing.

Hal ini dimungkinkan dengan adanya Winpcap. Sehingga dynamips bisa mengakses ethernet card PC host-nya untuk mengirim dan menerima packet ke dan dari jaringan. Throughput-nya mungkin kecil sih, tapi saya coba dengan 2 klien masih bisa download film dengan rate 4MBps dan 1,5-2 MBps sih. Nanti kapan-kapan kalau ada waktu mau coba ukur throughputnya deh. sekalian dibandingkan di Windows, BSD dan Linux.
Yang pasti untuk keperluan simulasi network di lab sih sudah lebih dari cukup.
Aku pasang Dynamips ini di PC Windows XP SP2 pada Pentium IV 2.4 G, Memory 512 MB. Berkat nilai idlepc, load CPUnya rata-rata masih dibawah 10% dengan alokasi memori 160 MB. Belum perlu pasang Dynamips di BSD atau Linux sepertinya untuk sekedar main-main ginian.
Yah tapi ntar coba dibandingin ah gimana kalau jalan di BSD atau Linux dengan service minimum.. siapa tau sanggup jadi production router untuk network kecil2an

0 komentar: